Memilih Nama Blog

Salah satu bagian krusial dari memutuskan ngeblog di WordPress atau di platform blog apapun adalah menentukan nama blog dan alamatnya. Nama blog inilah yang akan kita pakai untuk branding blog kita ke depannya.

Kalo masih bingung pertimbangan apa aja buat ngeblog di WordPress, coba baca postingan alasan memilih WordPress sebelumnya.

Beragam kemungkinan nama yang unik bisa kita pakai dan menurut gue akan jauh lebih baik kalo kita bisa milih nama yang memang mewakili isi blog. Tapi nama yang sesuai dengan isi blog juga bukan sesuatu yang harus diikuti selamanya.

Banyak juga gue ketemu blogger yang dengan kreatifnya menggunakan nama yang catchy dan gampang banget diinget. Salah satu contohnya Dita yang punya blog malesmandi.com, kalo lihat nama blognya kira-kira apa yang ada di pikiran kalian?

malesmandi.com
Capture Screen MalesMandi.com

Dengan cerdasnya Dita menggunakan nama yang sangat gampang menempel di kepala itu sebagai branding untuk blognya yang berisi jalan-jalan dan wisata kuliner.

Selain itu, umum juga kita menggunakan nama kita untuk personal branding di blog. Sama seperti yang gue lakukan untuk blog pribadi yang gue buat di tahun 2007. Karena waktu itu gue tidak cukup kreatif untuk memikirkan satu nama, gue akhirnya pakai nama danirachmat.wordpress.com. Nama inilah kemudian yang kemudian gue pergunakan untuk hampir seluruh media sosial yang gue punya.

Dengan menggunakan nama pribadi ini, personal branding yang mau dilakukan jadi lebih mudah. Orang langsung mengasosiasikan apa yang kita tulis dengan kita. Tapi ada satu kelemahan besar menggunakan nama pribadi untuk alamat blog.

Seperti gue yang sampai sekarang masih aktif bekerja di salah satu bank swasta nasional di Indonesia, dengan menggunakan nama pribadi, gue jadi lebih gampang ditemukan. Lebih mudah di google. Dengan kondisi seperti itu, gue jadi tidak bisa menyembunyikan informasi yang sebenarnya tidak perlu diketahui oleh perusahaan yang mempekerjakan gue.

Well, never had any intention to share things that will ruin my personal credibility though.

Jadi yang gue share di blog ya hal-hal yang memang tidak akan gue sesali di kemudian hari karena telah gue share. Lebih hati-hati sendirilah kalau misalkan memang mau menggunakan nama sendiri untuk nama dan atau alamat blog.

Kalau bisa disimpulkan, saran gue untuk tips memilih alamat blog antara lain:

  1. Tentukan tujuan dibuatnya blog
  2. Pilih nama yang mewakili isi blog
  3. Hindari menggunakan ejaan alay karena sesunggunya orang lebih mudah mengingat yayangcantik.wordpress.com dibandingkan y4y@ngch@ntiqu3.wordpress.com
  4. Pilih nama atau term yang mudah diingat
  5. Pilih nama yang kita sendiri tidak malu kalau misalkan menginformasikan ke teman atau kenalan kita.

Jadi kemarin gue pilih nama mendadakwp.wordpress.com karena tiba-tiba saja gue kepikiran untuk bikin blog yang isinya tutorial dan sharing tentang ngeblog di WordPress.com.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s